Latest News

.

.

Jumat, 28 Agustus 2015

KRONOLOGIS VERSI KNPB, PENEMBAKAN 6 WARGA SIPIL PAPUA DI TIMIKA






Awalnya atas nama,  Maker Rehata, bersama teman-teman  anggota  Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang belum ketahui namanya,  komsumsi Minuman Keras (MIRAS) di kampung Pulau Pisang Gorong-gorong sekitar jam 02:30 Waktu Timika. Setalah  mabuk mereka adu mulut baku kejar, oknum Anggota TNI tersebut, kembali ke Perumahan Polisi Militer (POM) untuk ambil senjata Pistol dengan Laras Panjang,  dengan tujuan untuk mengejar teman-taman yang tadinya mabuk sama-sama dan bertenkar.

Pelaku bersama satu orang temannya, menggunakan kendaraan Roda dua (motor),  mulai mencari teman-teman yang tadinya mimum bersama. Kemudian palaku jalan   ke arah Koperapoka, saat pelaku sampai depan gereja Katolik koperapoka. Pelaku tiba depan  Gereja katolik,  dengan kendaraan yang dia bawah dengan kecepatan tinggi,  lalu  ada pemuda gereja katolik  jaga  tegur,” kalau bahwa motor pelan-pelan”, di  jalan sudah pele dengan polisi tidur untuk persiapan Syukuran Adat sudah ijin di pihak kepolisian. 

Pada pukul 02:40 Waktu Papua, Saat itu,  pemuda gereja  yang berlokasi Jalan Bayangkara Koperapoka,  mului persiapan pengukuan Acara  adat masyarakat suku kamoro,  yang baru selesai  pendidikand Kuliah Doktor di pilipina Atas nama Drs. Leonardus Tumuka.

Selanjutnya, Dua orang Tentara yang dalam keadaan mabuk ciri-ciri badan orang papua itu, langsung turuk masuk dan todong dengan pisau sangkur. Pisau tersebut dirampas oleh pemudah gereja yang jaga. Lalu kedua tentara itu langsung pulang ke kembali ke arah gorong-gorong.

Kemudian beberapa menit lamanya kurang lebih  lima menit kembali muncul tiga orang temannya berpakian seragam Tentara ciri-ciri Orang Pendatang  dengan senajata lengkap todong dan tembak mambabi buta depan gereja katolik  Fransiskus Koperapoka. Ada empat orang korban depan  gereja  yang  Yaitu, Yulianus Okoware (mati tempat Karyawan Security Freepot), Moses Emepo (Masih Kritis),  Tomas Apoka (Masih Kritis Siswa Pelajar SMA), dan Tinus Imapuka ( Masih Kritis) pelaku kembali  menghilang.

Setelah masyarakat mulai kumpul di gereja tidak lama sekitar  lima menit Dua orang dengan  satu berpakian lengkap dan satu pakian preman, satu bawah senjata todong masyarakat yang ada depan gereja Kalotik Fransiskus. Masyarakat suruh  Kedua Tentara itu keluar halaman gereja. Setelah keluar langsung mengeluarkan tembakan membabi buta di sekitar.

 Akhirnya masyarakat kejar sampai jalan turun gorong-gorong arah pasar pertigaan.  Kedua  Masyarakat  langsung ditembak oleh Tentara korban atas nama Tinus Afugafi   (Masih Kritis) dan Herman Maurimau ( Meninggal Dunia)

Setelah korban berjatuhan Tentara-tentara pakian lengkap dan Preman itu langsung pulang ke arah  Kantor Pom yang berlokasi Koperapoka Jl. Ahmad Yani. Kemudian masyarakat  asli Papua yang sekitar Lokasi kejadian Perkara mengumpulkan Jenasah Korban, lalu membawah korban jenasah  dan ke Rumah Sakit Daerah Umum  Satuan Pemukiman (SP IV) empat orang. Dan Rumah Sakit Mitra masyarakat dua orang. 
Ini nama- nama Korban antarnya yaitu;
  1. Emanuel Mairimau (Meinggal Dunia) ditembak di kepala
  2. Yulianus Akoare (meninggal Dunia) di tembak paha
  3. Tinus Afugafi (Masih Kritis)
  4. Martinus Imapuka ( Pelajar SMA Masih Kritis) dadah kiri
  5. Moses Tomas Epepu
  6. Thomas Apoka 
 Foto Kejadian Luar Biasa Pelanggaran Ham Pembantaian Orang Papua
 







 
























































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.

.

Populer

BERITA