Latest News

.

.

Minggu, 20 September 2015

Gerakan Anti Minuman Keras Lintas Bangsa Papua




GERAKAN ANTI MINUMAN KERAS LINTAS BANGSA PAPUA  (GAMKLBP)
Thema
“SELAMATKAN GENERASI PENERUS BANGSA DARI VIRUS MINUMAN KERAS.”  Imamat, 10:9
 =================================================================

1.      PENGERTIAN ALKOHOL ATAU MINUMAN KERAS

Minuman keras (miras) adalah seluruh jenis minuman yang mengandung zat adiktif (alkohol). Minuman keras bukan berarti bentuknya yang keras, melainkan dampak yang ditimbulkan. Minuman keras adalah minuman yang mengandung alkohol yang bila dikonsumsi secara berlebihan dan terus- menerus dapat merugikan dan membahayakan kesehatan baik jasmani dan rohani maupun bagi kepentinga perilaku dan secara berpikir kejiwaan.
Jenis-Jenis Minuman Keras (MIRAS) Beberapa Jenis-jenis Minuman keras alkohol dengan kadar etanol yang dimilikinya : 1. Bir 3-5% 2. Wine 9-18% 3. Anggur obat 9-18% 4. Liqor Min.24 5. Whisky Min.30 6. Genever Min.30 7. Cognac Min.35 8. Gin Min.38 9. Rum Min.38 10. Arak Min.38 11. Vodka Min.40
Penggolongan Minuman Keras (MIRAS).  Minuman keras terbagi dalan 3 golongan yaitu : 1. Golongan A berkadar Alkohol 1%-05% 2. Golongan B berkadar Alkohol 5%-20% 3. Gol. C berkadar Alkohol 20%-50%• Beberapa jenis minuman beralkohol dan kadar yang terkandung di dalamnya: 1. Bir,Green Sand 1% - 5% 2. Martini, Wine (Anggur) 5% - 20% 3. Whisky, Brandy 20% -55%

2.      PENYEBAB TIMBULNYA PERILAKU MINUM MINUMAN KERAS (MIRAS).

Penyebab timbulnya perilaku minuman keras (miras) timbul dari 2 (dua) factor yaitu factor internal dan eksternal:
a.    Faktor Intenal
Faktor internal adalah faktor yang bersumber pada diri seseorang, baik itu gen, keadaan psikologos yang tertekan, penyimpangan kepribadian, ataupun keadaan rendahnya tingkat rohani seseorang.
b.   Faktor  Eksternal
Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari lingkungan individu itu sendiri, baik itu kerena keadaan ekonomi, pendidikan, budaya, latar belakang kehidupan, maupun kerana kurangnya pengaruh kontrol sosial masyarakat. Faktor-Faktor lain Yang Memepengaruhi Seseorang Menggunakan Minuman Keras adalah:  Pengangguran, Pergaulan Bebas dan Kenikmatan

3.      BENTUK-BENTUK PERILAKU PENG-GUNA MINUMAN KERAS

a.       Pencurian
Pencurian adalah tindakan mengambil milik orang lain tanpa sepengetahuan si pemiliknya. Pencurian ini merupakan salah satu bentuk perilaku antisocial dilakukan oleh peminum minuman keras karena menimbulkan kerugian bagi masyarakat.
b.      Free Sex (seks bebas)
Free sex/ seks bebas adalah hubungn intim/badan yang dilakukan diluar pernikahan secara bebas yang bukan pasangannya. Seks bebas ini terjadi karena seseorang tidak mampu lagi untuk menahan hasrat seksual yang dimilikinya , dan dilandasi oleh perasaan suka-sama suka dari masing-masing pasangan. Saat ini seks bebas bukan hanya dilakukan oleh kaum remaja, atau pemuda bahkan yang telah berumah tangga pun sering melakukannya dengan orang lain yang bukan pasangannya karena akal sehat dihilangkan oleh alcohol atau minuman keras.
c.       Pemalakan
Pemalakan merupakan suatu usaha untuk memiliki barang orang lain yang bukan miliknya seperti, melakukan pemaksaaan, pemerasan, pengancaman, bahkan penganiayaan. Pemalakan sendiri merupakan salah satu bentuk perilaku yang dianggap menyimpang yang tidak sesuai dengan norma-norma sosial yang keberadaannya tidak bisa diterima dalam kehidupan masyarakat, karena perilaku ini dapat merugikan bagi orang lain baik nyawa maupun materi yang di lalukan oleh peminum minuman keras.
d.Tawuran / Perkelahian
Tawuran merupakan bentrokan atau adu kekuatan fisik yang dilakukan oleh banyak orang, bahkan juga bisa oleh dua orang saja. Saat ini tawuran merupakan salah satu bentuk perilaku menyimpang yang sudah tidak bisa di toleran lagi karena kerap menimbulkan kerugian bagi orang lain, bahkan juga bisa berakibat pada hilangnya nyawa seseorang. Banyak hal-hal yang menyebabkan terjadinya tawuran/perkelehian baik dikalangan peminum minunan keras.

4.      AKIBAT DARI MEMINUM MINUMAN KERAS / BERALKOHOL

Akibat Minum Minuman Keras (MIRAS) adalah:
a. Meminum minuman beralkohol banyak, akan menimbulkan kerusakan hati, jantung, pangkreas dan peradangan lambung, otot syaraf, mengganggu metabolisme tubuh, membuat penis menjadi cacat, impoten serta gangguan tubuh lainnya.
b.Dapat merusak secara permanen jaringan otak sehingga menimbulkan gangguan daya ingatan, kemampuan penilaian, kemampuan belajar dan gangguan jiwa tertentu.
c. Menimbulkan gangguan terhadap ketertiban, ketentraman keamanan masyarakat dan tindakan kekerasan dan tindak kejahatan serta menimbulkan kecelaan diri yang bersangkutan dan orang lain.
d.Menimbulkan Memicu tindakan tidak bermoral, Merusak keimanan dan ketakwaan, membatalkan ibadah agama karena hilangnya akal sehat.
e.Menimbulkan beban biaya yang sangat tinggi yang dapat membuat bangkrutnya keluarga.

5.   MINUMAN ALKOHOL ATAU MINU-MAN KERAS DI TINJAU DARI KITAB SUCI (ALKITAB).

a.  Imamat 10:9 “Janganlah engkau minum anggur atau minuman keras, engkau serta anak-anakmu, bila kamu masuk ke dalam kemah pertemuan, supaya jangan kamu mati. Itulah suatu ketetapan untuk selamanya bagi kamu turun-temurun.”
b.  Hakim-hakim 13:4; “Oleh sebab itu, peliharalah dirimu, jangan minum anggur atau minuman yang memabukkan dan jangan makan sesuatu yang haram.”
c.  Hakim-hakim 13:14; “Janganlah ia makan sesuatu yang berasal dari pohon anggur; anggur atau minuman yang memabukkan tidak boleh diminumnya dan sesuatu yang haram tidak boleh dimakannya. Ia harus berpegang pada segala yang kuperintahkan kepadanya.”
d.  Yesaya 5:11. Celakalah mereka yang bangun pagi-pagi dan terus mencari minuman keras, dan duduk-duduk sampai malam hari, sedang badannya dihangatkan anggur!
e.  Amsal 20:1;Anggur adalah pencemooh, minuman keras adalah peribut, tidaklah bijak orang yang terhuyung-huyung karenanya.”
f.   Amsal 23:20; “janganlah engkau ada di antara peminum anggur dan pelahap daging.”
g.  Hosea 4:11; “Anggur dan air anggur menghilangkan daya pikir.”
h. Efesus 5:18; “Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena  anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu  penuh dengan roh”
i.     Efesus 5:18 Jangan kamu mabuk anggur, hal itu mendatangkan percabulan, melainkan hendaklah kamu penuh dengan Roh. (TL)
j.   Roma 8:13-14; “Marilah kita hidup dengan sopan, seperti pada siang hari, jangan dalam pesta pora dan kemabukan, jangan dalam percabulan dan hawa nafsu, jangan dalam perselisihan dan iri hati. Tetapi kenakanlah tuhan yesus kristus sebagai perlengkapan senjata terang dan janganlah merawat tubuhmu untuk memuaskan keinginannya.”
Lawanlah Minuman Keras, Sampai Tuntaskan Dari Negeri Papua Barat, Ingatlah Masa Depanmu, Dan Sadarlah Dirimu Hai Pecinta Minuman Keras.


FASILITATOR
GERAKAN ANTI MINUMAN KERAS LINTAS BANGSA PAPUA

PDT. DESERIUS ADII, S.TH.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

.

.

Populer

BERITA